Minggu, 01 November 2015

Alur Rawat JAlan


PELAYANAN RAWAT JALAN pada Puskesmas :
a.  Jenis Pelayanan      : Pelayanan jasa berupa pemeriksaan kesehatan, pengobatan, konsultasi kesehatan
b.  Jam Kerja               :  Pelayanan rawat jalan dimulai dari pendaftaran pasien di loket.
v     Loket pendaftaran : Senin – Kamis    : Pukul 07.00 – 12.00 WIB
Jum’at                : Pukul 07.00 – 10.30 WIB
Sabtu                  : Pukul 07.00 – 11.30 WIB
v     Rawat Jalan           : Senin – Kamis     : Pukul 07.30 – 13.00 WIB
Jum’at                : Pukul 07.30 – 10.30 WIB
Sabtu                  : Pukul 07.30 – 12.00 WIB
c.  Persyaratan Pelayanan :
v     Membawa kartu berobat untuk pasien umum  bagi yang sudah pernah berobat di Puskesmas Omben
v     Membawa Kartu Jamkesmas bagi Pasien Jamkesmas
v     Membawa Kartu Askes untuk Pasien Askes
d.  Biaya /  Tarif Pelayanan
v     Untuk Pasien umum  : membayar karcis retribusi Rp.2.000, ditambah biaya cetak Kartu Berobat Rp. 1.000,-
v     Untuk Pasien Jamkesmas dan Askes: Gratis
v     Untuk pelayanan di poli gigi, biaya pelayanan terdiri dari:
  • Scalling atas atau bawah               : Rp. 6.000,-
  • Pencabutan gigi anak                    : Rp. 3.000-5.000,-
  • Pencabutan gigi dewasa                : Rp. 8.000-20.000,-
  • Penambalan gigi sementara           : Rp. 3.000,-
  • Penambalan gigi tetap amalgam    : Rp. 7.500,-
  • Penambalan gigi komposit            : Rp. 12.000,-
  • Operculectomy dan koreksi oklusi : Rp. 3.500,-
  • Pasang gigi tiruan sebagian           : Rp. 150.000,-
  • Pasang gigi tiruan lengkap            : Rp.300.000,-
e.   Waktu Penyelesaian Pelayanan :
1)      Loket                         : 3 menit
2)      Poli Umum               : 10 menit
3)      Poli KIA                  : 15 menit
4)      Poli Gigi                   :
  • Scalling atas atau bawah               : 30 menit
  • Pencabutan gigi anak                    : 5 menit
  • Pencabutan gigi permanent           : 15 menit
  • Konservasi / penambalan              : 30 menit
5)      Apotek                     :  Resep tanpa puyer    : 3 menit
Resep dengan puyer : 5 menit
6)      Laboratorium           : 10-120 menit
  1. Produk Pelayanan : Jasa Pelayanan Kesehatan
  2. Prosedur Pelayanan
1)   Pasien datang langsung mendaftarkan diri di Loket pendaftaran .
Bagi yang belum Pernah berkunjung ke Puskesmas Omben (Kunjungan Baru), mendaftarkan diri dengan menyampaikan data nama, umur, alamat, nama KK, keperluan , ke Petugas Loket, dengan membayar karcis retribusi Rp. 2.000,- ditambah biaya cetak kartu berobat Rp. 1.000,- kemudian semua data dimasukkan ke Komputer, sementara Petugas Loket mencetak Kartu berobat Pasien diantar oleh Petugas lainnya ke tempat pelayanan lainnya. (Pasien yang tidak membawa kartu akan diberi kartu baru lagi dan membayar biaya cetak kartu Rp.1.000,-)
Bagi Pasien yang membawa kartu Pasien datang langsung mendaftarkan diri di Loket Pendaftaran dengan menyodorkan Kartu berobat dan membayar karcis retribusi Rp. 2.000,-. Setelah semua data dimasukkan ke Komputer Pasien diantar petugas menuju tempat pelayanan yang lain.
Untuk Pasien Jamkesmas, Askes tidak dikenakan biaya sama sekali.
2) Di Poli Pasien akan mendapatkan pelayanan yang diinginkan sesuai standart. Setelah Pasien mendapatkan pemeriksaan, pengobatan dan konseling pasien menuju apotik untuk mengambil obat kemudian pulang.
Setelah dari Poli sesuai keperluan, pasien bisa dirujuk ke Laboratorium, Pojok Gizi,  dll. Bila di Poli / Unit pelayanan  yang lain ada tindakan mendis pasien akan dikenakan biaya tindakan sesuai Perda dan dibayar di Kasir  ( Apotik ). 
cr. https://puskesmasomben.wordpress.com/standar-pelayanan/


Keterangan:
1. Pasien datang mengambil no. antrian dan melakukan pendaftaran / registrasi
2. Pasien membayar ke Kasir
3. Pasien menuju Poliklinik 
4. Jika pasien tersebut mendapatkan tindakan di Poliklinik, maka pasien harus bayar ke Kasir terlebih dahulu
5. Pasien perlu layanan penunjang (laboraturium dan radiologi)
6. Pasien membayar ke Kasir
7. Pasien ke Poliklinik untuk dibacakan hasilnya
8. Pasien di rujuk ke Poli Spesialis dan melakukan pembayaran di Kasir
9. Pasien menuju ke Poli Spesialis
10. Pasien ke Farmasi / Apotek untuk pengesahan obat
11. Pasien membayar ke Kasir 
12. Pasien mengambil obat ke bagian Farmasi / Apotek
13. Pasien pulang

cr. http://dygus.blogspot.co.id/


persyaratan Alur rawat Jalan di RSUD :

a.  Pasien jaminan perusahaan
     1)    Persyaratan pendaftaran rawat jalan/UGD : 
            -    Petugas administrasi menanyakan form jaminan dari perusahaan
            -    Petugas administrasi menanyakan kartu peserta perusahaan
            -    Petugas administrasi menanyakan tujuan pelayanan yang diinginkan
            -    Petugas administrasi mengarahkan pasien ke bagian pendaftaran
     2)   Persyaratan pendaftaran rawat inap
            -    Petugas administrasi meminta surat jaminan dari perusahaan paling lambat 2x24 jam sejak masuk perawatan atau sebelum pasien diijinkan pulang  
            -    Petugas administrasi menginformasikan pada pasien biaya kamar yang ditanggung oleh perusahaan dan segala sesuatu yang berhubungan    dengan    
                 kelengkapan administrasi perusahaan
            -   Jika pasien setuju, petugas administrasi memesan kamar perawatan, dan mengarahkan pasien ke bagian pendaftaran untuk melengkapi berkas
                   administrasi perawatan
b.    Pasien BPJS
       1).    Persyaratan pendaftaran Rawat Jalan /IGD :
               Petugas administrasi menanyakan kelengkapan persyaratan pasien BPJS :
               -    Kartu BPJS/ ASKES/ TNI-POLRI/ JAMSOSTEK/ JAMKESMAS/ JAMPE SEHAT
               -    Fotokopi KTP
               -    Fotokopi KK
               -    Rujukan dari PPK I, kecuali kasus gawat darurat
               Jika BELUM LENGKAP, pasien dianggap sebagai UMUM
       2.    Persyaratan pendaftaran Rawat Inap :
              -    Pasien mendapatkan kesempatan untuk melengkapi berkas BPJS 2 X 24 jam.
              -    Apabila melebihi waktu yang di tentukan, dan saat pulang kelengkapan berkas belum dipenuhi, pasien dianggap sebagai pasien umum.
              -    Petugas administrasi mengarahkan keluarga pasien ke BPJS center untuk membuat Surat Eligibilitas Peserta.
              -    Untuk pasien yang pada awal cara pembayarannya TUNAI, kemudian di pertengahan rawat mengajukan BPJS, maka pasien harus membayar tunai terlebih
                    dahulu sampai berkas BPJS lengkap, baru diberlakukan BPJS nya.
c.   Pasien SKKM
      1.    Persyaratan pendaftaran Rawat Jalan/IGD : 
             Petugas administrasi menanyakan kelengkapan persyaratan pasien :
              •    SKKM, yang sudah ada cap Desa dan Kecamatan
              •    Surat JAMINAN dari Dinas Kesehatan
              •    Fotokopi KTP
              •    Fotokopi KK
              •    Rujukan dari PPK I, kecuali kasus gawat darurat
 Jika BELUM LENGKAP, pasien dianggap sebagai pasien UMUM
Petugas informasi menanyakan tujuan pelayanan yang diinginkan
Petugas informasi mengarahkan pasien ke bagian pendaftaran
2)   Persyaratan pendaftaran Rawat Inap
•    Petugas administrasi meminta kelengkapan persyaratan pasien SKKM (SKKM, Surat Jaminan dari Dinas Kesehatan, KTP, KK, Rujukan dari PPK I / Surat Pernyataan Pelayanan dari IGD)
•    Petugas administrasi membuatkan status Rekam Medis untuk pasien baru atau koordinasi status rekam medis pasien, untuk pasien lama
•    Petugas administrasi membuat Surat Keterangan Rawat Inap
•    Petugas administrasi meminta keluarga pasien untuk mengurus Surat Keterangan Jaminan  ke DINAS KESEHATAN dalam waktu 2 x 24 jam dengan membawa surat keterangan dirawat dan berkas lainnya (rujukan dari PUSKESMAS, KK, KTP, dan SKKM)  
•    Petugas administrasi memesan kamar perawatan, dan mengarahkan pasien ke BPJS center untuk membuat Surat Eligibiltas Peserta (SEP)
cr. a.  Pasien jaminan perusahaan
     1)    Persyaratan pendaftaran rawat jalan/UGD : 
            -    Petugas administrasi menanyakan form jaminan dari perusahaan
            -    Petugas administrasi menanyakan kartu peserta perusahaan
            -    Petugas administrasi menanyakan tujuan pelayanan yang diinginkan
            -    Petugas administrasi mengarahkan pasien ke bagian pendaftaran
     2)   Persyaratan pendaftaran rawat inap
            -    Petugas administrasi meminta surat jaminan dari perusahaan paling lambat 2x24 jam sejak masuk perawatan atau sebelum pasien diijinkan pulang  
            -    Petugas administrasi menginformasikan pada pasien biaya kamar yang ditanggung oleh perusahaan dan segala sesuatu yang berhubungan    dengan    
                 kelengkapan administrasi perusahaan
            -   Jika pasien setuju, petugas administrasi memesan kamar perawatan, dan mengarahkan pasien ke bagian pendaftaran untuk melengkapi berkas
                   administrasi perawatan
b.    Pasien BPJS
       1).    Persyaratan pendaftaran Rawat Jalan /IGD :
               Petugas administrasi menanyakan kelengkapan persyaratan pasien BPJS :
               -    Kartu BPJS/ ASKES/ TNI-POLRI/ JAMSOSTEK/ JAMKESMAS/ JAMPE SEHAT
               -    Fotokopi KTP
               -    Fotokopi KK
               -    Rujukan dari PPK I, kecuali kasus gawat darurat
               Jika BELUM LENGKAP, pasien dianggap sebagai UMUM
       2.    Persyaratan pendaftaran Rawat Inap :
              -    Pasien mendapatkan kesempatan untuk melengkapi berkas BPJS 2 X 24 jam.
              -    Apabila melebihi waktu yang di tentukan, dan saat pulang kelengkapan berkas belum dipenuhi, pasien dianggap sebagai pasien umum.
              -    Petugas administrasi mengarahkan keluarga pasien ke BPJS center untuk membuat Surat Eligibilitas Peserta.
              -    Untuk pasien yang pada awal cara pembayarannya TUNAI, kemudian di pertengahan rawat mengajukan BPJS, maka pasien harus membayar tunai terlebih
                    dahulu sampai berkas BPJS lengkap, baru diberlakukan BPJS nya.
c.   Pasien SKKM
      1.    Persyaratan pendaftaran Rawat Jalan/IGD : 
             Petugas administrasi menanyakan kelengkapan persyaratan pasien :
              •    SKKM, yang sudah ada cap Desa dan Kecamatan
              •    Surat JAMINAN dari Dinas Kesehatan
              •    Fotokopi KTP
              •    Fotokopi KK
              •    Rujukan dari PPK I, kecuali kasus gawat darurat
 Jika BELUM LENGKAP, pasien dianggap sebagai pasien UMUM
Petugas informasi menanyakan tujuan pelayanan yang diinginkan
Petugas informasi mengarahkan pasien ke bagian pendaftaran
2)   Persyaratan pendaftaran Rawat Inap
•    Petugas administrasi meminta kelengkapan persyaratan pasien SKKM (SKKM, Surat Jaminan dari Dinas Kesehatan, KTP, KK, Rujukan dari PPK I / Surat Pernyataan Pelayanan dari IGD)
•    Petugas administrasi membuatkan status Rekam Medis untuk pasien baru atau koordinasi status rekam medis pasien, untuk pasien lama
•    Petugas administrasi membuat Surat Keterangan Rawat Inap
•    Petugas administrasi meminta keluarga pasien untuk mengurus Surat Keterangan Jaminan  ke DINAS KESEHATAN dalam waktu 2 x 24 jam dengan membawa surat keterangan dirawat dan berkas lainnya (rujukan dari PUSKESMAS, KK, KTP, dan SKKM)  
•    Petugas administrasi memesan kamar perawatan, dan mengarahkan pasien ke BPJS center untuk membuat Surat Eligibiltas Peserta (SEP)
cr. a.  Pasien jaminan perusahaan
     1)    Persyaratan pendaftaran rawat jalan/UGD : 
            -    Petugas administrasi menanyakan form jaminan dari perusahaan
            -    Petugas administrasi menanyakan kartu peserta perusahaan
            -    Petugas administrasi menanyakan tujuan pelayanan yang diinginkan
            -    Petugas administrasi mengarahkan pasien ke bagian pendaftaran
     2)   Persyaratan pendaftaran rawat inap
            -    Petugas administrasi meminta surat jaminan dari perusahaan paling lambat 2x24 jam sejak masuk perawatan atau sebelum pasien diijinkan pulang  
            -    Petugas administrasi menginformasikan pada pasien biaya kamar yang ditanggung oleh perusahaan dan segala sesuatu yang berhubungan    dengan    
                 kelengkapan administrasi perusahaan
            -   Jika pasien setuju, petugas administrasi memesan kamar perawatan, dan mengarahkan pasien ke bagian pendaftaran untuk melengkapi berkas
                   administrasi perawatan
b.    Pasien BPJS
       1).    Persyaratan pendaftaran Rawat Jalan /IGD :
               Petugas administrasi menanyakan kelengkapan persyaratan pasien BPJS :
               -    Kartu BPJS/ ASKES/ TNI-POLRI/ JAMSOSTEK/ JAMKESMAS/ JAMPE SEHAT
               -    Fotokopi KTP
               -    Fotokopi KK
               -    Rujukan dari PPK I, kecuali kasus gawat darurat
               Jika BELUM LENGKAP, pasien dianggap sebagai UMUM
       2.    Persyaratan pendaftaran Rawat Inap :
              -    Pasien mendapatkan kesempatan untuk melengkapi berkas BPJS 2 X 24 jam.
              -    Apabila melebihi waktu yang di tentukan, dan saat pulang kelengkapan berkas belum dipenuhi, pasien dianggap sebagai pasien umum.
              -    Petugas administrasi mengarahkan keluarga pasien ke BPJS center untuk membuat Surat Eligibilitas Peserta.
              -    Untuk pasien yang pada awal cara pembayarannya TUNAI, kemudian di pertengahan rawat mengajukan BPJS, maka pasien harus membayar tunai terlebih
                    dahulu sampai berkas BPJS lengkap, baru diberlakukan BPJS nya.
c.   Pasien SKKM
      1.    Persyaratan pendaftaran Rawat Jalan/IGD : 
             Petugas administrasi menanyakan kelengkapan persyaratan pasien :
              •    SKKM, yang sudah ada cap Desa dan Kecamatan
              •    Surat JAMINAN dari Dinas Kesehatan
              •    Fotokopi KTP
              •    Fotokopi KK
              •    Rujukan dari PPK I, kecuali kasus gawat darurat
 Jika BELUM LENGKAP, pasien dianggap sebagai pasien UMUM
Petugas informasi menanyakan tujuan pelayanan yang diinginkan
Petugas informasi mengarahkan pasien ke bagian pendaftaran
2)   Persyaratan pendaftaran Rawat Inap
•    Petugas administrasi meminta kelengkapan persyaratan pasien SKKM (SKKM, Surat Jaminan dari Dinas Kesehatan, KTP, KK, Rujukan dari PPK I / Surat Pernyataan Pelayanan dari IGD)
•    Petugas administrasi membuatkan status Rekam Medis untuk pasien baru atau koordinasi status rekam medis pasien, untuk pasien lama
•    Petugas administrasi membuat Surat Keterangan Rawat Inap
•    Petugas administrasi meminta keluarga pasien untuk mengurus Surat Keterangan Jaminan  ke DINAS KESEHATAN dalam waktu 2 x 24 jam dengan membawa surat keterangan dirawat dan berkas lainnya (rujukan dari PUSKESMAS, KK, KTP, dan SKKM)  
•    Petugas administrasi memesan kamar perawatan, dan mengarahkan pasien ke BPJS center untuk membuat Surat Eligibiltas Peserta (SEP)
cr. http://rsudcileungsi.bogorkab.go.id/index.php/multisite/layanan_detail/146


0 komentar:

Posting Komentar

 

All 'K' Template by Ipietoon Cute Blog Design